NuraeniNama : Nuraeni
Alamat : Jl Barukang 3 lorong 3 no 42 A
Anak : 3 orang

Kesuksesan adalah proses panjang dan berliku yang banyak dijalani oleh perempuan bernama Nuraeni (akrab disapa ibu Eni), yang didalamnya mengandung semangat, kerja keras dan optimisme. Modal inilah yang dimiliki oleh Nuraeni sehingga mampu menjalankan aktifitasnya sebagai paralegal, ibu rumah tangga (single parent) dan sebagai ketua RT. Sejak kepergian suaminya menghadap Ilahi, otomatis kerja-kerja sebagai kepala keluarga berpindah kepadanya. Kepercayaan masyarakat setempat untuk mengalihkan jabatan RT yang sebelumnya disandang oleh suaminya, juga berpindah kepadanya. Semua dilaluinya dengan kerja keras sebagai single parent, dan ia juga dituntut untuk mampu memenej keluarga dengan baik dan harus mampu juga mengatur masyarakatnya sebagai tanggungjawab seorang Ketua RT.

Sangat prihatin dengan kondisi lingkungan tempat dia tinggal, lingkungan yang tidak terlalu mengindahkan aturan-aturan social yang ada, tindakan-tindakan social yang sangat lumrah terjadi dilingkungan ibu eni seperti berjudi dan mabuk-mabukkan membuat ibu eni terus berpikir bagaimana cara untuk merubah perilaku warganya karena akibat dari perilaku ini sering terjadi kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Pada tahun 2007 LBH APIK Makassar melakukan kegiatan pemberdayaan hukum di kelurahan Pattingalloang Kec Ujung Tanah tepatnya di wilayah tempat tinggal ibu eni dan pada tahun 2010 ibu eni tercatat sebagai paralegal LBH APIK Makassar. Berbekal ilmu pengetahuan dan pengalaman yang didapatkannya dia mulai melakukan pemberdayaan masyarakat khususnya kelompok nelayan, perempuan dan anak.

Pernah ibu Eni mendapatkan laporan dari salah seorang istri warga yang suaminya tertangkap saat kedapatan bermain judi, mau tidak mau ibu eni harus melakukan pendampingan dan berhadapan dengan aparat kepolisian.
Ide pemberdayaan masyarakat nelayan muncul dari keluhan para istri komunitas nelayan, seputar ketidakberdayaan mereka terhadap ketergantungan suami mereka kepada punggawa (tengkulak). Jika tangkapan sepi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari para nelayan selalu berutang kepada punggawa. Konsekuensinya nelayan harus menjual hasil tangkapan ikan kepada punggawa dengan harga yang diatur sepihak (punggawa). Tetapi jika hasil tangkapan melimpah, harga jualnya pun sangat murah. Praktis kehidupan nelayan di wilayah tempat tinggal ibu eni apa adanya dan serba kekurangan.

Dari pengalaman mengikuti pelatihan pengolahan abon ikan tuna, bandeng cabut tulang, otak-otak, nugget dll, ia mengajak beberapa orang isteri nelayan memulai usaha abon ikan tuna dan bandeng cabut tulang dengan modal awal yang mereka miliki hanya 3,5 juta.

Hasil produksi sudah ada tapi bingung kemana harus menjual karena warga paotere tidak terbiasa makan ikan hasil olahan, mereka terbiasa makan ikan segar. Ibu Eni tidak putus asa dia menghubungi teman-teman LSM untuk membantu memasarkan abon ikan tuna dan bandeng cabut tulangnya. Pelatihan-pelatihan dan seminar yang dilaksanakan oleh LSM dijadikan ruang untuk ibu eni memasarkan dan mempromosikan abon ikan tuna dan bandeng tanpa tulang. Seiring dengan perkembangan usaha abon ikannya kemudian ibu eni bersama perempuan-perempuan nelayan di paotere merintis pendirian koperasi yang diberi nama Fatimah Az-Zahra. Kini koperasi yang diketua nuraeni yang beranggotakan 100 orang menjadi ujung tombak produksi dan pemasaran .

Memberdayakan dan membantu perempuan nelayan di kelurahan Pattingalloang, kecamatan ujung tanah kian dirasakannya sangat ada peningkatan yang signifikan. Keuntungan yang diperoleh dari hasil produksi abon ikan tuna dan bandeng tanpa tulang lebih mendominasi pada tujuan social semata. Setiap produksi dan target market tercapai selalu dia sisipkan Rp 50 ribu hingga 100 ribu dalam bentuk pemberian makanan tambahan pada balita keluarga nelayan setempat atau pemberian bubur pada manusia lanjut usia (lansia) ini ia lakukan sekali sebulan. Bahkan minyak goreng yang sudah dipakai dalam olahan abon ikan sekitar 30 liter dibagikan kepada masyarakat pra sejahtera sebanyak 30 kepala keluarga.

LBH APIK Makasar
Apik dalam Pelayanan, Apik dalam Pengelolaan
Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 12
(Perumahan Budi Daya Permai Blok D No. 3)
Makassar - Sulsel 90245
Telp. / Fax : (+62-411) 590147
e-mail : lbh_apikmks@yahoo.co.id

Galeri Photo

Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
Buka Puasa Bersama
Buka Puasa Bersama
Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
rapat pengurus2
rapat pengurus2
pertemuan rutin paralegal  support posko1
pertemuan rutin paralegal support posko1
advokasi kasus kekersan sexual di sel thnan2
advokasi kasus kekersan sexual di sel thnan2
Penyusunan SOP
Penyusunan SOP
rapat pengurus1
rapat pengurus1
c360_2014-04-29-14-31-27-801
c360_2014-04-29-14-31-27-801
pengembangan  support posko2
pengembangan support posko2
rapat pengurus5
rapat pengurus5
Buka Puasa Bersama
Buka Puasa Bersama
kunjunangan posko1
kunjunangan posko1
Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal

Sistem Managemen Data Kasus

login