Membuat Draft Strategi untuk Stakeholder tentang
KTPAP dan Perkawinan Anak di Makassar

LBH APIK Makassar – Oxfam Indonesia

Perkawinan Anak adalah merupakan salah satu fenomena sosial yang banyak terjadi diberbagai wilayah khususnya di Sulawesi Selatan, baik di wilayah perkotaan maupun di wilayah perdesaan. Di daerah perkotaan latar belakang perkawinan anak tentunya berbeda dengan yang terjadi diperdesaan. Maraknya perkawinan usia anak, menunjukkan bahwa pemberdayaan law enforcement dalam hukum perkawinan masih rendah.

Beberapa faktor menjadi pemicu maraknya perkawinan usia anak diantaranya ; Faktor lingkungan, alasan orang tua segera menikahkan anaknya dalam usia muda adalah untuk segera mempersatukan ikatan kekeluargaan antara kerabat mempelai laki-laki dan kerabat mempelai perempuan yang mereka inginkan bersama. Faktor Ekonomi, untuk melepaskan tanggung jawab orang tua khususnya dalam masalah ekonomi/finacial. Faktor Sosial, alasannya sudah mampu untuk dinikahkan, hal ini juga dipengaruhi oleh budaya/kebiasaan yang berkembang dimasyarakat. Semua faktor tersebut dijadikan dasar tanpa pernah memikirkan dampak negatif yang ditimbulkan terhadap anak baik secara social, psikologi, maupun kesehatan terutama kesehatan reproduksi pada anak perempuan.

Secara hukum perkawinan usia anak juga dilegitimasi oleh Undang-undang R.I Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Undang-undang ini memperbolehkan anak berusia 16 tahun untuk menikah, seperti disebutkan dalam pasal 7 ayat 1, "Perkawinan hanya diizinkan jika pihak pria sudah mencapai 19 (sembilanbelas) tahun, dan pihak wanita sudah mencapai 16 (enambelas) tahun. Padahal didalam Pasal 26 UU R.I Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, orang tua diwajibkan melindungi anak dari perkawinan dini, bukan ini kontradiktif diatara kebijakan yang ada. Dispensasi nikah di Pengadilan Agama juga turut melanggengkan tingginya angka perkawinan usia anak.

Selain itu, perkawinan anak juga berkontribusi pada pemiskinan perempuan terutama dilihat dari aspek sosial. Hal ini dapat dibuktikan ketika anak perempuan terdesak untuk segera dinikahkan maka yang terpikirkan hanyalah sebatar urusan rumah tangga, suami dan anak, sekalipun si anak perempuan tersebut memiliki cita-cita untuk bersekolah tinggi, ini berarti orang tua dan masyarakat dengan sengaja memutus mata rantai kesempatan dan peluang bagi anak perempuan untuk mengenyam pendidikan. Beberapa faktor tersebut menjadikan anak juga tidak memiliki posisi tawar untuk menolak perkawinan tersebut, terlebih lagi jika anaknya diam dan tidak memiliki argumen apapun karena takut dan semacamnya.

Fenomena tersebut diatas menjadikan semua pihak penting untuk terlibat aktif dalam melakukan pencegahan perkawinan anak, agar supaya anak dapat menikmati hak-haknya terutama hak untuk mendapatkan pendidikan.

LBH APIK Makassar melalui Program Creating Space to Take Action on Violence against Women yang didanai oleh Global Affairs Kanada (GAC) dengan tujuan mengurangi Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak Perempuan dan juga Perkawinan Anak. Melalui program ini kami akan membuat draft strategi untuk Staekholders dalam rangka mencapai tujuan tersebut diatas. Strategi akan digunakan dibeberapa wilayah sasaran program diantaranya Kota Makassar, Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Kabupaten Maros dan Kabupaten Gowa. Draft Strategi tersebut dapat digunakan baik secara langsung maupun tidak melalui diskusi, lobby, workshop, seminar dan lainnya.

Pertemuan Membuat Draft Strategi untuk Stakeholder mengenai KTPAP dan Perkawinan Anak akan dilaksanakan pada hari Senin-Selasa, tanggal 19-20 Juni 2017, tempat acara : The One Hotel Jl. Gunung Latimojong no 115 Makassar, Workshop ini di ikuti oleh 15 (lima belas) orang peserta terdiri dari ; LBH APIK Makassar dan jaringan NGO yang bekerja untuk isu pencegahan perkawinan anak.

membuat-draft-strategi-untuk-stakeholder-tentang-ktpap-1membuat-draft-strategi-untuk-stakeholder-tentang-ktpap-2membuat-draft-strategi-untuk-stakeholder-tentang-ktpap-3membuat-draft-strategi-untuk-stakeholder-tentang-ktpap-4membuat-draft-strategi-untuk-stakeholder-tentang-ktpap-5membuat-draft-strategi-untuk-stakeholder-tentang-ktpap-6membuat-draft-strategi-untuk-stakeholder-tentang-ktpap-7

LBH APIK Makasar
Apik dalam Pelayanan, Apik dalam Pengelolaan
Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 12
(Perumahan Budi Daya Permai Blok D No. 3)
Makassar - Sulsel 90245
Telp. / Fax : (+62-411) 590147
e-mail : lbh_apikmks@yahoo.co.id

Galeri Photo

Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
kunjunangan posko2
kunjunangan posko2
Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
sekretariat baru dirangkaikan dgn pertmuan rutin paralegal3
sekretariat baru dirangkaikan dgn pertmuan rutin paralegal3
rapat pengurus7
rapat pengurus7
Penyusunan SOP
Penyusunan SOP
posko paralegal  koperasi fatimah azzahra
posko paralegal koperasi fatimah azzahra
rapat pengurus4
rapat pengurus4
Penyusunan SOP
Penyusunan SOP
data base entry
data base entry
Buka Puasa Bersama
Buka Puasa Bersama
pertemuan rutin paralegal  support posko3
pertemuan rutin paralegal support posko3

Sistem Managemen Data Kasus

login