Workshop Penguatan Kapasitan Organisasi - CAT (Capacity Assesment Tools) Mandatory


Oxfam Indonesia melalui Program Creating Space to Take Action on Violence against Women yang didanai oleh Global Affairs Kanada (GAC) dengan tujuan mengurangi kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan dan juga pernikahan anak. Oxfam Canada (OCA) memiliki pengalaman membantu banyak organisasi memperkuat kapasitasnya dalam masalah keadilan gender. Pada program ini digunakan Capacity Needs Assessment Tool (CAT) yang diterapkan di 6 negara sasaran Creating Spaces. OCA telah memodifikasi CAT menjadi perangkat penilaian diri yang secara khusus mengamati kapasitas organisasi dalam menangani kekerasan terhadap perempuan dan remaja. Perangkat ini kemudian dikembangkan oleh International Centre for Research on Women (ICRW). Kategori, kriteria, dan prinsip pada penilaian ini merepresentasikan praktek terbaik dan strategi penguatan organisasi yang berkecimpung dengan masalah Kekerasan terhadap Perempuan dan Remaja.

Melalui Program ini LBH APIK Makassar sebagai mitra mendapatkan dukungan untuk penguatan kapasitas organisasi. Dukungan Program ini dirancang agar lembaga mitra dapat memainkan peran dan inisiatif serta dukungan yang lebih baik bagi Penghentian Kekerasan terhadap Perempuan dan Pencegahan Perkawinan Anak yang bersesuaian dengan mandat Organisasi LBH APIK. Melalui program ini diharapkan dapat mengidentifikasi kekuatan dan tantangan yang ada kemudian menentukan prioritas untuk pengembangan kapasitas di masa mendatang.

Untuk itu kekuatan yang dimiliki oleh organisasi mitra semisal LBH APIK Makassar perlu diidentifikasi seperti jumlah personil/staf yang dimiliki saat ini. Selain itu adanya sejumlah paralegal yang telah dilatih dan tersebar di 14 kecamatan di Kota Makassar dan di 2 kabupaten di Sulawesi Selatan, paralegal nantinya juga dapat menjadi motor penggerak di komunitas untuk melakukan pencegahan perkawinan anak sekaligus menekan tingginya angka Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Sulawesi Selatan khususnya di Makassar. Jaringan LBH APIK Makassar juga semakin menguat misalnya jaringan dengan NGO, OPD (Organisasi Penyandang Disabilitas), instansi pemerintah maupun dengan Media massa. Jaringan ini dimaksudkan selain untuk memudahkan implementasi program juga untuk kepentingan advokasi.

LBH APIK Makassar juga memiliki 4 Divisi yakni : (1) Pelayanan hukum – konsultasi hukum, pendampingan dan pembelaan diluar dan didalam pengadilan bagi perempuan pencari keadilan dan kelompok rentan lainnya seperti; Penyandang Disabilitas, LGBTI, HIV/AIDS, dan korban ketidakadilan lainnya. (2) Pelatihan dan pendidikan masa – untuk para advokat, pengacara, buruh, mahasiswa, ibu RT, komunitas miskin kota/desa, paralegal khususnya perempuan untuk meningkatkan kesadarakan hukum masyarakat tentang nilai-nilai hukum berkeadilan gender. (3) Kajian, publikasi informasi dan dokumentasi. (4) Kampanye dan perubahan kebijakan – gerakan penghapusan kekerasan terhadap perempuan (KDRT, kekerasan seksual, dan lain-lain).
Berdasarkan hal tersebut diatas, Oxfam Indonesia melalui Program Creating Space to Take Action on Violence against Women, merasa perlu memberikan dukungan terhadap kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas Organisasi terhadap mitra khususnya LBH APIK Makassar.

Workshop Penguatan Kapasitan Organisasi akan dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 09-10 Juni 2017, tempat acara : Hotel Singgasana Jl. Kajaolaliddo No. 16, Makassar. Workshop ini di ikuti oleh Pengurus (pelaksanan harian), staf dan Volunteer serta 2 orang Paralegal LBH APIK Makassar.

 

workshop-penguatan-kapasitan-organisasi-cat-mandatory-1workshop-penguatan-kapasitan-organisasi-cat-mandatory-2workshop-penguatan-kapasitan-organisasi-cat-mandatory-3workshop-penguatan-kapasitan-organisasi-cat-mandatory-4

LBH APIK Makasar
Apik dalam Pelayanan, Apik dalam Pengelolaan
Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 12
(Perumahan Budi Daya Permai Blok D No. 3)
Makassar - Sulsel 90245
Telp. / Fax : (+62-411) 590147
e-mail : lbh_apikmks@yahoo.co.id

Galeri Photo

kunj ke sel thnan polsek wajo  pelabuhan2
kunj ke sel thnan polsek wajo pelabuhan2
Penyusunan SOP
Penyusunan SOP
Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
Buka Puasa Bersama
Buka Puasa Bersama
Penyusunan SOP
Penyusunan SOP
Buka Puasa Bersama
Buka Puasa Bersama
Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
pertemuan rutin paralegal  support posko1
pertemuan rutin paralegal support posko1
Penyusunan SOP
Penyusunan SOP
advokasi kasus kekersan sexual di sel thnan2
advokasi kasus kekersan sexual di sel thnan2
Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
Penyusunan SOP
Penyusunan SOP
20140526_105705
20140526_105705
Buka Puasa Bersama
Buka Puasa Bersama
Buka Puasa Bersama
Buka Puasa Bersama

Sistem Managemen Data Kasus

login