PROFIL

LBH APIK MAKASSAR

 

 

logo-apik

 

 

Apik dalam Pelayanan, Apik dalam Pengelolaan
Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 12 (Perumahan Budi Daya Permai Blok D No. 3) Makassar - Sulsel 90245
Telp. / Fax : (+62-411) 590147
e-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 


LBH APIK Makassar didirikan pada tanggal 15 Desember 2001 dan diaktekan pada tanggal 4 Januari 2002 oleh Notaris Soesanto Wibowo SH.

LBH APIK Makassar adalah organisasi yang bertujuan mewujudkan masyarakat adil, makmur dan demokratis, serta menciptakan kondisi yang setara antara perempuan dan laki-laki dalam segala aspek kehidupan baik politik, ekonomi, sosial maupun budaya. Tujuan ini hendaknya dicapai dengan mewujudkan system hukum yang berperspektif perempuan yaitu system hukum yang adil dipandang dari pola hubungan kekuasaan dalam masyarakat, khususnya hubungan perempuan – laki-laki dengan terus-menerus berupaya menghapuskan ketidakadilan, dalam bentuk marginalisasi (peminggiran secara ekonomi), subordinasi (peminggiran dalam hubungan kekuasaan, stereotype (pembakuan peran), kekerasan secara fisik, mental atau seksual dan beban berlebih pada satu pihak.
LBH APIK mempunyai jaringan seazas dimana Sekretariat Bersama dipusatkan di LBH APIK Jakarta. Dalam lingkup wilayah Indonesia, LBH APIK tersebar di 18 (delapan belas) provinsi di Indonesia dan salah satunya adalah LBH APIK Makassar.
Berdasarkan nilai-nilai keadilan, kemandirian, emansipasi, persaudaraan, keadilan social, non sectarian, dan menolak kekerasan serta memenuhi kaidah-kaidah kelestarian lingkungan, LBH APIK Makassar berupaya memberikan bantuan bagi kaum perempuan pencari keadilan yang lemah secara fisik, ekonomi maupun sosial-budaya.

Visi

Terwujudnya masyarakat yang adil dipandang dari pola relasi kekuasaan dalam masyarakat, khususnya relasi perempuan – laki-laki dalam segala aspek kehidupan. Yang berdasarkan atas sebuah keyakinan bahwa sesungguhnya manusia, perempuan dan laki-laki, sama derajat dan martabatnya dan saling membutuhkan satu sama lain.

Misi

Mewujudkan sistem hukum yang adil dipandang dari pola relasi kekuasaan dalam masyarakat, khususnya relasi perempuan-laki-laki yang ditandai dengan ciri-ciri: tidak terjadi marjinalisasi, tidak terjadi subordinasi, tidak terjadi stereotyping, tidak terjadi kekerasan fisik, mental dan seksual, tidak terjadi beban berlebihan pada salah satu pihak. Caranya dengan memberikan pembelaan hukum bagi perempuan di dalam dan luar pengadilan; melakukan peneliitan, pengkajian atas kebiakan dan masalah hukum yang timbul; menyelenggarakan pembelajaran guna mendorong terjadinya perubahan sikap, serta tercipta sistem hukum dan kebijakan yang adil dan berperspektif gender.

Aktivitas dan Program Kerja

  1. Pelayanan hukum – konsultasi hukum, pendampingan dan pembelaan diluar dan didalam pengadilan bagi perempuan pencari keadilan dan kelompok rentan lainnya seperti; Penyandang Disabilitas, LGBTI, HIV/AIDS, dan korban ketidakadilan lainnya .
  2. Pelatihan dan pendidikan masa – untuk para advokat, pengacara, buruh, mahasiswa, ibu RT, komunitas miskin kota/desa, paralegal khususnya perempuan untuk meningkatkan kesadarakan hukum masyarakat tentang nilai-nilai hukum berkeadilan gender.
  3. Kajian, publikasi informasi dan dokumentasi tentang :
    • Sistem hukum yang berakibat pada relasi gender
    • Penegakan hak-hak kaum perempuan dan informasi hukum tentang cara-cara menyelesaikan persoalan perempuan
    • Berita media masa-media elektronik, buku-buku dan bahan percetakan tentang hukum dan gender
  4. Kampanye dan perubahan kebijakan – gerakan penghapusan kekerasan terhadap perempuan (KDRT, kekerasan seksual, dan lain-lain).

Program-program Yang Telah Dilaksanakan

  • Program Step By Step kerjasama LBH APIK Jakarta – The Asia Foundation, 2003.
  • Program Pendidikan Politik Perempuan Akar Rumput kerjasama FPMP Sulsel – UNDP – Uni Eropa – Partnership, 2004.
  • Program Pemberdayaan Perempuan dan Pemerintah Desa dalam Menciptakan Otonomi Desa yang Berperspektif Gender di Kabupaten Takalar, 2004 – 2005.
  • Program Pemberdayaan Perempuan Pengusaha Kecil dari Aspek Ekonomi, Hukum dan Politik di 5 (lima) Kabupaten/Kota, kerjasama dengan KL2SS dan NZAID, 2004-2008.
  • Program Pendidikan Politik dan Peningkatan Pengetahuan Masyarakat tentang Korupsi dan Dampaknya bagi Perempuan di Sulsel, 2005 – 2006.
  • Program Legal Empowerment for Women dan Disadvantage Groups, kerjasama Asian Development Bank, The Asia Foundation dan Federasi APIK Indonesia, 2007
  • Program Pemberdayaan Perempuan Pengusaha Kecil dari Aspek Ekonomi, Hukum dan Politik di 5 (lima) Kabupaten/Kota, kerjasama dengan KL2SS dan NZAID, 2004-2008.
  • Program Penanganan dan Pendampingan Korban Perdagangan Orang di Sulsel, kerjasama dengan ICMC Makassar, April 2008 – Juni 2009.
  • Program Pendidikan Paralegal, kerjasama Oxfam Novib – Federasi APIK Indonesia, 2009.
  • Program Peningkatan Pemahaman Publik atas Sistem Peradilan dan Akses pada Keadilan Gender di Sulsel, kerjasama Oxfam NZ, Februari 2009 – Februari 2010.
  • Program Peningkatan Kapasitas Paralegal, kerjasama Oxfam Novib – Federasi APIK Indonesia, Februari 2011.
  • Program Peningkatan Pemahaman Publik atas Sistem Peradilan dan Akses pada Keadilan Gender di Sulsel, kerjasama Oxfam NZ, Juli 2010 – Juni 2011.
  • Program Pemberdayaan Hukum Masyarakat untuk Akses pada Pelayanan Publik di Sulsel, kerjasama The Asia Foundation – Royal Nedherlands Embassy, April 2009 – 2011.
  • Program Hukum, Sosial dan Ekonomi Perempuan dan Anak di Kota Makassar, kerjasama Oxfam NZ, Agustus 2011 – Juni 2012.

Program Yang Sementara Dilaksanakan

  • Program We Can Campaign, kerjasama Oxfam Novib – LBH APIK Jakarta, 2009 – 2012.
  • Program Klinik Hukum E2J, kerjasama The Asia Foundation dengan USAID, Juni 2012 – Juni 2015.
  • Program Pemberdayaan Hukum dan Penanganan Kasus- Trafiking, kerjasama ACIL'S, 2012-2014.
  • Program Gender Justice di kota Makassar, kerjasama Oxfam Indonesia, 2012 – Des. 2013.
  • Program Riset-E2J kerjasama dengan Pusaka Medan tentang KDRT dan AKH, Juni – Desember 2013.
  • Program Penguatan Kapasitas Organisasi dan kelembagaan – Core funding – AIPJ - The Asia Foundation, Agust. 2013 – Des. 2014.
  • Program Mewujudkan Akses Perempuan atas Sistem peradilan & Keadilan Gender di Kota Makassar, September 2013- Juni 2014.

Susunan Pelaksana

Saat ini LBH APIK Makassar dipimpin oleh Rosmiati Sain, SH sebagai Direktur menggantikan Lusia Palulungan, SH. yang mengarahkan aktivitas dalam beberapa divisi dengan komposisi staf sebagai berikut:

Keuangan:
Sulastri, SE.
Yusuf Syukur, SE.

Div. Pelayanan dan Bantuan Hukum:
Andi Nurhayati, SH.
Siti Nurfaida, SH.
Rocxy, SH.

Div. Dokumentasi, Publikasi dan Informasi:
Bayu Lesmana, SH.
Ibnu Hajar

Div. Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat:
Ir. Emma Rahmayanti

Div. Kampanye dan Perubahan Kebijakan:
Jusmiati Lestari

Voluntir:
Dra. Nuraeni
Syamsiah
Nurmin
Sadriani

Logistik:
Agustina

Paralegal:
Kecamatan Tamalate ; Hj. Hafiah dan Nurhawang, Kec. Wajo ; Nani Husna dan St. Rachmi, Kec. Rappocini ; Ani, Hj. Farida dan Hj. A. Muliawan, Kec. Ujung Tanah ; Nuraeni, Chadijah, Ade Fatma, Rachmatia dan Sadriani, Kec. Tallo; Masturi, Rahmawati, St. Subaeda, Hj. Haeriati dan Hj. Sunaani, Kec. Biringkanaya ; Syamsinar dan Hairiati, Kec. Tamalanrea ; Sarman dan Andi Paus Hasanuddin.

 

 

logo1Lembaga Bantuan Hukum
Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan
Indonesian Women Association for Justice

LBH APIK Makasar
Apik dalam Pelayanan, Apik dalam Pengelolaan
Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 12
(Perumahan Budi Daya Permai Blok D No. 3)
Makassar - Sulsel 90245
Telp. / Fax : (+62-411) 590147
e-mail : lbh_apikmks@yahoo.co.id

Galeri Photo

Penyusunan SOP
Penyusunan SOP
Buka Puasa Bersama
Buka Puasa Bersama
kunj ke sel thnan polsek wajo  pelabuhan1
kunj ke sel thnan polsek wajo pelabuhan1
Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
Penyusunan SOP
Penyusunan SOP
Penyusunan SOP
Penyusunan SOP
Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
kunjunangan posko1
kunjunangan posko1
sekretariat baru dirangkaikan dgn pertmuan rutin paralegal4
sekretariat baru dirangkaikan dgn pertmuan rutin paralegal4
Buka Puasa Bersama
Buka Puasa Bersama
Launching Posko Paralegal
Launching Posko Paralegal
Buka Puasa Bersama
Buka Puasa Bersama
rapat pengurus3
rapat pengurus3
pertemuan rutin paralegal  support posko3
pertemuan rutin paralegal support posko3
kunj ke sel thnan polsek wajo  pelabuhan3
kunj ke sel thnan polsek wajo pelabuhan3

Sistem Managemen Data Kasus

login